Yogyakarta, (Tagar 6/7/2018) - PSM Makassar berhasil menahan imbang 2-2, atas tuan rumah Persija Jakarta dalam lanjutan Go-jek liga 1 pekan ke-14 di stadion Bantul Yogyakarta.

PSM Makassar unggul terlebih dahulu melalui Guy Junior pada menit 39, setelah berhasil memanfaatkan bola muntah dari tangkapan penjaga gawang Persija Jakarta Andry Tani.

Sedangkan gol balasan Persija Jakarta disarangkan oleh pemain baru Persija Osas Saha pada menit 52, dan tendangan keras Jamerson Dan Silva pada menit 59. PSM Makassar membalas melalui tendangan Salto Steven Paulle di menit ke 84. Skor akhir 2-2.

Pertandingan lanjutan Go-jek Liga 1 pekan ke-14 mempertemukan tuan rumah Persija Jakarta melawan tamunya, PSM Makassar, Jumat (6/7) berlangsung ketat.

Bertindak sebagai tim tamu, PSM mendapat peluang emas pada menit 18 melalui Zulham Zamrun. Setelah menerima umpan dari Guy Junior, Zulham melepaskan tembakan kaki kiri dari luar garis 16 Persija, namun tendangannya terlalu lemah sehingga berhasil ditangkap dengan baik oleh Andry Tani.

Persija membalas melalui serangan balik pada menit 20, namun sayang sundulan Rohit Chand masih melebar di sisi kanan gawang PSM yang dijaga Saiful.

Serangan gencar yang dilakukan PSM Makassar akhirnya berbuah hasil. Bola umpan lambung Zulham pada menit 39, dari sisi kiri pertahanan Persija ke jantung pertahanan Persija gagal ditangkap dengan baik oleh Andry Tani. Bola tangkapannya jatuh tepat di kaki Guy Junior. Dengan tenang Guy mengeksekusi bola tersebut, dan gol. 1-0 untuk tim tamu PSM Makassar.

Empat menit kemudian tepatnya menit 43, PSM nyaris menambah keunggulan melalui tendangan Zulham, namun sayang tendangannya masih diselamatkan Andry Tani. Hingga akhir babak pertama skor 1-0 untuk keunggulan PSM tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Persija mencoba bangkit dan mengurung pertahanan PSM Makassar. Gencarnya serangan yang dilakukan Persija akhirnya berbuah hasil.

Gol Persija terbilang cukup indah. Maman bertindak sebagai bek membantu serangan, umpan crossing-nya dari sisi kiri pertahanan PSM ke kotak penalti berhasil disundul dengan baik oleh pemain baru Persija Osas Saha, skor pun berimbang 1-1.

Setelah gol tersebut, Persija terus menggempur pertahanan PSM Makassar. Gencarnya serangan Persija berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0. Tendangan keras Jamerson Dan Silva menit 59 berhasil menjebol gawang PSM. 2-0 untuk keunggulan tuan rumah Persija Jakarta.

Sontak dengan gol bertubi-tubi Persija, PSM mencoba keluar menyerang, namun sayang tekel keras Hendra Wijaya terhadap Rico Simanjuntak membuat dirinya di-kartu merah oleh Wasit, Dwi Purba Adi asal Jawa Tengah.

Kartu merah diterima Hendra setelah dirinya mendapat kartu kuning kedua. Sebelumnya Hendra mendapat kartu kuning pada babak pertama setelah melanggar dengan keras pemain Persija.

Bermain dengan 10 pemain tidak menyurutkan semangat PSM untuk membalas gol Persija. Usaha pemain PSM pun berhasil. Steven Paulle yang maju membantu serangan berhasil mencetak gol indah dengan tendangan salto.

Gol berawal dari umpan Marc Klok ke jantung pertahanan Persija. Bola umpan Klok berhasil disundul Djite ke Steven Paulle. Steven tak menyia-nyiakan peluang tersebut dengan melakukan tendangan salto. Skor pun berubah 2-2.

Hingga akhir pertandingan skor tidak berubah, 2-2. Dengan tambahan 1 angka ini posisi PSM digusur oleh Barito Putra dari puncak klasemen sementara Go-jek Liga 1, karena pada laga sebelumnya mereka berhasil mengalahkan tuan rumah Mitra Kukar 3-4. Sehingga Barito berhak memimpin klasemen Liga 1 dengan 26 poin.

Dari 14 kali main, Barito mengumpulkan poin 26 sedangkan PSM Makassar berada pada posisi kedua dengan 25 poin, sementara Persija Jakarta berada pada posisi keempat klasemen sementara Go-jek Liga 1.

Berikut susunan pemain dari kedua kesebelasan:

Persija Jakarta: Andritany, Ismed Sofyan, Jamerson Dan Silva, Rezaldi Hehanusa, Maman Abdulrahman, Asri Akbar, Novri Setiawan, Rico Simanjuntak, Ricky Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Osas Marvellous Ikpefua (Osas Saha).

Cadangan: Muhammad Rizky Darmawan, Dany Saputra, Vava Mario Yagalo, Fitra Ridwan, Bambang Pamungkas, Ivan Carlos, Rudi Widodo.

PSM Makassar: Syaiful, Hendra Wijaya, Abdul Rahman, Stiven Paulle, Reva Adi Utama, Marc Anthony Klok, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Saldi, Zulham Zamrun, Guy Junior.

Cadangan: Hilmansyah, Fauzan Jamal, Zulkifli Syukur, Arfan, Bruce Jase Djite, Ferdinand Alfred Sinaga, M Rahmat. (rio)